Selasa, 07 Januari 2014

Pembantaian Terbesar Sepanjang Sejarah Modern Dunia Ada di Indonesia


Dunia mencatat pembantaian 1965-1966 terhadap anggota dan simpatisan PKI sebagai salah satu peristiwa paling biadab dalam sejarah modern. Tapi, di negerinya sendiri, peristiwa itu lenyap dari buku teks sejarah dan diskusi publik. (Ariel Heryanto)

Menjelang tragedi G30S, konflik Partai Komunis Indonesia (PKI) dan partai politik lain kian memanas. PKI yang merasa diatas angin menekan penduduk yang berlawanan aliran dengan komunis. Namun, keadaan langsung berbalik saat Presiden Sukarno meandatangani Surat Perintah Sebelas Maret yang isinya memberikan mandat kepada Mayor Jendral Suharto untuk memulihkan keamanan. Mulai dari Supersemar yang ditandatangani oleh Sukarno dalam keadaan terdesak inilah pelanggaran HAM berat terjadi di Indonesia.

Oleh Suharto, PKI dinyatakan terlarang mulai 12 Maret 1966. Sehari sebelumnya, PKI masih merupakan partai sah dan terbesar di Indonesia, dan partai komunis terbesar ketiga di dunia. Tapi, pada tanggal itu, ratusan ribu warga Indonesia sudah terbunuh dengan tuduhan mendukung PKI. Terakhir diduga korban pembantaian ini mencapai tiga juta orang. Memang bukan angka yang pasti, karena banyak juga kepentingan dari penyebutan jumlah korban ini.

Buku yang merupakan hasil dari investigasi Tempo ini hadir dengan nuansa yang berbeda dari buku-buku tentang tragedi G30S yang sebelum-sebelumnya ada. Jika sebelumnya buku-buku yang kita temui kebanyakan mengangkat sisi kesalahan dan bahaya PKI, buku ini justru mengangkat PKI sebagai korban dan menggambarkan tragedi G30S dari sisi pelaku penumpasan orang-orang yang mendukung PKI.

Dengan deskripsi yang jelas pada setiap bab nya buku ini menghasilkan kengerian saat membacanya. Bagaimana cara jagal-jagal membunuh orang-orang PKI digambarkan dengan jelas tanpa memperhalus kata-katanya. Membacanya, anda harus siap terbayang-bayang badan tanpa kepala dibuang ke jurang, atau kepala-kepala tanpa badan berserakan di ladang-ladang. Karena kebanyakan inilah cara-cara yang digunakan para algojo-algojo ketika menumpas PKI, dengan menebas kepalanya.

Dari tiap-tiap bab yang dihadirkan dalam buku ini memberikan kisah yang berbeda-beda dari algojo-algojo yang berbeda dan dari daerah yang berbeda pula.

Pembunuhan masal tak hanya terjadi di Jawa dan Bali, tapi juga di daerah-daerah lain yang ikut tersulut api pembantaian dari Jawa dan Bali. Bersamaan dengan itu para algojo bermunculan mengatasnamakan dendam pribadi, keyakinan, atau tugas negara.

Seorang algojo dari Lumajang, Mochamad Samsi bercerita. Ia mendengar ada intruksi dari Nahdlatul Ulama (NU) untuk menumpas PKI. Samsi yang kala itu merupakan anggota Barisan Ansor Serbaguna ( Banser) sering mengikuti rapat-rapat yang dihadiri kiai NU hingga ia diangkat sebagai ujung tombak penumpasan PKI di Lumajang. Pembunuhan pertamanya ia lakukan atas perintah seorang Tentara Nagkatan Darat (TNI) yang ia lupa namanya. Pada pembunuhan pertama tersebut ia membunuh terduga PKI dengan memukulnya berkali-kali menggunakan rotan hingga mati, setelah dipastikan mati, mayatnya ia buang ke tepi laut agar terseret arus. Sejak pembunuhan pertama itu, berturut-turut ia membantai orang-orang PKI hingga ia pun lupa sudah berapa banyak nyawa yang ia habisi. Biasanya orang-orang yang akan ia habisi didatangkan entah dari mana menggunakan truk pada malam hari. orang-orang tersebut dibunuh dan mayatnya dibuang ke laut.

Ia juga pernah mendengar ada seorang saudagar kaya di Lumajang yang dianggap PKI. Samsi langsung mencegatnya di jembatan. Saat terduga PKI tersebut muncul, langsung saja ia tebas lehernya hingga terpisah dengan badanya. Lalu mayatnya ia lemparkan ke bawah jembatan. Kini 47 tahun telah berlalu sejak tragedi G30S. “Saya tidak pernah menyesal melakukan semua itu”, kata Samsi.

Selain Samsi, ada juga Burhan Zainuddin Rusjiman yang dijuluki Burhan Kampak. Kebenciannya terhadap PKI sudah tertanam sejak ia mahasiswa. Saat itu ia pernah memasang poster menuntut dibubarkannya organisasi mahasiswa di bawah PKI. Karena itu ia lantas dikeluarkan dari Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada serta dikejar-kejar oleh mahasiswa pendukung PKI.

Kebenciannya bisa ia lampiaskan saat mendengar MUI menyatakan PKI adalah ateis. Perang terhadap PKI gencar ia lakukan di Yogyakarta. Operasi pembersihan komunis ini kerap ia lakukan bersama tentara. Dengan posisi sebagai staf satu Laskar Ampera Aris Margono dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia “ saya punya license to kill,” kata Burhan. Bersama sepuluh orang lainnya ia diberi pistol dan pelatihan menembak.

Tak hanya kisah dua orang algojo di atas. Kisah dari algojo-algojo lainnya juga banyak diangkat dalam buku ini. Termasuk seorang Anwar Congo, seorang algojo PKI yang berasal dari Medan. Anwar juga berperan dalam fiml The Act of Killing karya sutradara Joshua Oppenheimer yang nampaknya begitu dibanggakan dalam buku ini.

           Ditulis oleh tim investigasi pembantaian 1965, buku ini bisa memberikan deskripsi yang baik tulisan narasinya. Membacanya kita seolah sedang menyaksikan tragedi G30S. Meski begitu. Masih saja ada yang lolos dari penyuntingan. Diberbagai bab banyak sekali ditemukan tanda baca koma yang tertukar dengan tanda tanya. Meski  terdiri dari banyak bab yang semuanya berbeda kisah, tak banyak pula pengulangan informasi yang dituliskan.

Nampaknya selain mendokumentasikan sejarah, rekonsiliasi juga merupakan tujuan dari buku ini. Rekonsiliasi yang diawali dengan pengakuan jujur dari para pelakunya. Tujuan tersebut bisa dilihat dari isi buku yang semuanya mengangkat dari sisi pelaku pembantaian hingga korban jiwa yang masih diperkirakan mencapai tiga juta orang. Seolah ingin mengungkapkan, tak hanya PKI yang salah, pembunuh orang-orang PKI yang banyak itu juga melanggar HAM. Namun, setelah membacanya kesuliatan rekonsiliasi jelas terlihat saat penjagal-penjagal itu merasa apa yang mereka lakukan dulu adalah sebuah tindakan heroik untuk membela negara. Bukan perasaan bersalah.

Judul               : Pengakuan Algojo 1965
Penulis             : Kurniawan et al.
Penerbit           : TEMPO Publishing
Halaman          : 178 halaman
Tahun Terbit    : 2013


                                                                                                                     

15 komentar:

  1. ngeri ngebayanginnya. kata kakek saya dulu waktu penumpasan PKI sungai brantas punuh dgn mayat yg mengenaskan, tanpa kepala, tanpa tangan/kaki.

    BalasHapus
  2. Tetap saja PKI itu tidak baik di negeri ini, PKI itu komuniz harus di lenyapkan di bumi pertiwi.

    BalasHapus
  3. Melihat sejarah kok terpotong2 gak utuh

    Coba lihat sepak terjang pki jauh sebelum itu.... kenapa sampai pki diberantas? Lihat akar permasalahannya dulu bro....

    Dan tentang korban terbesar didunia itu terlalu mengada ada. Lebay cush...

    BalasHapus
  4. Melihat sejarah kok terpotong2 gak utuh

    Coba lihat sepak terjang pki jauh sebelum itu.... kenapa sampai pki diberantas? Lihat akar permasalahannya dulu bro....

    Dan tentang korban terbesar didunia itu terlalu mengada ada. Lebay cush...

    BalasHapus
  5. sejarah kelam bangsa kita yg tidak patut untk kita ungkit.. jangan samapai terulang kembali, jayalan NKRI.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Ngeri sih tpi klo di pikir2 brapa bnyk nyawa masyarakat, santri dn tokoh agama yg udah ditumpas PKI dari mulai pmberontakan PKI Madiun thn 1948 pimpinan si muso smpai pristiwa G30S PKI tahun 1965 yg melibatkn 7 nyawa jndral yg d habsin PKI biadab itu pimpinan si Aidit. Ksian pra jendral itu dh di fitnah adanya dewan jendral dibunuh pula. Secara logika, PKI prnah mngadakan pmberontakan d thn 48 dn kmungkinan bsr PKI jga yg mau mngadakan kudeta pda thn 65, ibaratnya, orang skali boong gk akan bisa D prcaya lagi. Selain itu tntang adanya NASAKOM apa bisa seorang yg nasionalis pancasilais skaligus komunis? It's a stupid statement. Bgaimana mngkin dua ideologi yg saling brtentangan bsa D satukan, bagaikan mnyak dn air. Hal ini yg hrus D luruskan, bhwa si aidit pda saat itu mnjabat sbagai pnasehat ngara bsar kmungkinan soekarno tlh terdoktrin krena kdektannya dngan si aidit (cra yg bnar2 terorganisir dngan mndekati dlu pmimpin negara pda saat itu yg kbetulan soekarno tdk mnyukai ngara2 eropa yg brideologikan liberal). Ada yg blang soeharto dalang D balik smua ini? Siapa sbenarnya yg salah? Pake logika coba. Gk smua president smpurna dlm mnjalankn tgasnya, itu yg hrus D fahami btl2. So mnurut gue impaslah klo exs PKI dbantai habis smpai k akar2 lgian yg gue tau, yg namanya komunis itu, mreka akn mncapai tujuannya gk pduli wlau harus bnuh orang. Contohnya aja korut, udh brapa bnyk orng yg bnuh diri krena emng di ngara komunis itu nyawa gak brarti. Indeologi komunis hnya bisa mnyengsarakan rakyat krena sluruh mlik rakyt adalah mlik pmerintah dn cba aja prhatikan dingara2 brbasis komunis pasti susah nyari tmpat ibadah. Uni Soviet aja yg dulu rajanya komunis runtuh dngan sendirinya krena emng komunis itu faham yg sngt jauh dri kata ksejahteraan dn kbebasan hak individual. Orng2 pki mngkin udh pada mampus tapi Indeologiny susah untuk musnah krena kprcayaan itu dtangnya dari hati pribadi msing2 dan satu lagi DOKTRIN yg sngt berbahaya bgi generasi pnerus bngsa.

    BalasHapus
  9. hati2 juga,, pki skarang udh mulai tumbuh subur di bawah tanah, bahkan Tunas2nya udh mulai bermunculan.

    BalasHapus
  10. siapapun itu, menghilangkan nyawa seseorang adalah perbuatan yg bertentangan dgn ajaran agama maupun pri kemanusiaan... yg berhak mengambil nyawa seseorang adalah Sang Pencipta....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut agama Lo mungkin GK ada di dunia ini mungkin keluarga Lo udh di bunuh PKI . Ikutin aja bro, jangan sok munafik GK baik jangan sok polos GK enak di lihat

      Hapus
  11. Tolong jangan balik itu sejarah
    PKI itu memang biadab..dasar kadal kebon mau memutar balikan fakta...

    BalasHapus
  12. PKI biadab PKI jahat
    Dasar kadal kebon
    Mau rongrong NKRI.

    BalasHapus
  13. Tolong ditambahkan bahwa PKI itu bukan hanya menekan penduduk tapi mereka membunuh rakyat dan ulama ulama islam yang tidak sejalan

    Tulisan ini mencoba untuk menerangkan bahwa PKI lah korban pembantaian

    BalasHapus