Minggu, 17 Juli 2016

Ini Caranya Traveling Dengan Biaya Murah Bahkan Gratis


Banyak orang yang suka traveling, namun banyak juga yang batal traveling karena masalah biaya. Padahal biaya bukan jadi perkara yang tak terpecahkan saat kamu butuh traveling, ya iyalah kamu punya banyak duit! bukan. Untuk orang-orang yang memang born to travel the world mereka akan selalu menemukan jalan untuk jalan-jalan. Ada beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk meminimalisir bahkan melenyapkan budget traveling yang kadang butuh waktu lama untuk ditabung. Mulai dari menebas biaya tiket pesawat, menginap dengan gratis hingga mendapatkan transportasi secara cuma-cuma. Nah, ini caranya traveling dengan biaya murah bahkan gratis.

1. Cari Tiket Pesawat Promo
                Tiket pesawat merupakan salah satu pengeluaran terbesar bagi traveler. Namun jangan salah, moda transportasi ini bisa jadi pengeluaran termurah saat kita mendapatkan tiket promo. Saat ini banyak maskapai yang sering mengadakan promo-promo tiket pesawat menggiurkan bahkan sampai dengan harga 0 rupiah atau hanya membayar biaya airport tax saja. Nah, supaya kamu tahu kapan promo-promo ajaib itu terjadi, followlah akun-akun maskapai penerbangan di twittermu dan jadikan akun tersebut favorit. Dengan begitu setiap info akan langsung masuk ke dalam notifikasimu. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan situs pencarian tiket pesawat seperti skyscanner.com yang akan membandingkan tiket dari berbagai maskapai dan mencarikan tiket termurah dari waktu ke waktu. Kunci menuju keberhasilan dalam mencari tiket murah ini adalah rajin-rajinlah mengecek situs tersebut. Promo biasanya tersedia untuk penerbangan tiga hingga lima bulan kedepannya, jadi masih ada waktu buat menabung biaya lainnya deh.

2. Menginap Gratis Dengan Couchsurfing
Couchsurfing: www.couchsurfing.org
                Nah, ini adalah sebuah wadah bagi para traveller di seluruh dunia yang mau berbagi kepada tamu-tamu yang datang ke wilayahnya. Couchsurfing adalah sejenis aplikasi di mana tamu dan pemilik rumah yang mau berbagi hal baik berupa informasi, akomodasi bahkan menjadi guide secara cuma-cuma alias gratis. Untuk bisa menikmatinya kamu harus jadi member dulu di aplikasi ini dan mulai deh cari negara dan kota tujuanmu, akan ada yang bersedia menampungmu.

3. Menginap dan Makan Gratis Dengan WWOOF atau Workaway
            WWOOF atau supaya lebih mudah mengingatnya sebut dengan cara wwoof-ing (baca wuufing) adalah singkatan dari World Wide Opportunities on Organic Farms. Pada dasarnya ini adalah kegiatan volunteer di bidang agrikultural berupa pertanian, peternakan dan perkebunan. Karena bersifat relawan kamu tidak mendapatkan gaji atau pun perlu mengurus visa bekerja. Kamu bisa tetap menggunakan visa liburan atau passport di negara tujuan tersebut. Pendaftaran WWOOF bisa dilakukan langsung di situsnya dengan memilih negara tujuan serta lokasi pertanian atau peternakan yang menarik bagi kamu. Di situs tersebut sudah ada daftar tempat yang membutuhkan tenagamu. Setelah memiliki lokasi bekerja sukarela dan negaranya kamu akan dikenakan biaya member selama setahun. Biaya tersebut bervariasi tergantung negara mana yang kamu pilih. Kegiatan volunteer ini biasanya ditujukan bagi para pelancong yang ingin membantu bekerja di pertanian milik warga lokal yang nantinnya akan mendapatkan akomodasi dan makan gratis. Kamu bisa tingga di rumah pemilik kebun atau peternakan serta hidup selayaknya keluarga di dalam rumah tersebut.

Tidak jauh berbeda dengan wwoofing, Workaway juga cara mendapatkan tempat tinggal dan makan gratis dengan memberikan tenaga pada host yang membutuhkan kita. Bedanya workaway bisa dilakukan pada bidang jasa les bahasa inggris, mengasuh anak-anak atau membantu membersihkan rumah. Kamu akan tinggal bersama sebuah keluarga yang membutuhkan bantuanmu dan mendaptkan tempat tingal serta makan gratis. Kedua jenis pekerjaan relawan di atas tentu memiliki batas waktu tertentu sehingga kamu tetap punya waktu untuk menjelajahi wilayah tersebut.

4. Buat Itinerary Sesuai Budget dan Survey Informasi di Internet
Miliki sebuah itinerary atau rencana perjalanan jika kamu ingin mengontrol pengeluaran apalagi kamu sudah punya tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi. Itinerary sangat penting bagi kamu yang memiliki waktu perjalanan yang cenderung singkat dan merupakan jenis traveller terencana. Buatlah itinerary yang masuk akal dan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Dalam membuat sebuah itinerary kamu harus pastikan lokasi tujuanmu, di mana kamu akan menginap, kendaraan apa yang akan kamu gunakan serta jarak tiap destinasi yang akan kamu kunjungi serta biaya yang diperlukan. Carilah semua informasi yang kamu butuhkan tersebut di internet. Kamu bisa dapatkan informasi penginapan murah, ongkos tranportasi umum di sebuah negara dan hal lainnya melalui travel blogger, channel youtube seorang traveller, atau di website travel seperti Phinemo.com. Meskipun kamu sudah punya itinerary tetap sediakan biaya tak terduga untuk jaga-jaga dari hal-hal yang tidak dalam kendalimu.

5. Memiliki Pekerjaan yang Bisa Membawamu Jalan-Jalan Gratis
Kamu ingin jalan-jalan tapi tetap tidak ingin mengeluarkan biaya sama sekali atau bahkan ingin dibiayai oleh perusahaan atau orang lain? Bisa! Bekerjalah sambil jalan-jalan, atau jalan-jalanlah sambil bekerja. Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa membawamu traveling baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Berikut diantaranya: Menjadi tour leader atau travel planner pada sebuah industri travel, menjadi foto atau videografer traveling, menjadi jurnalis di media, menjadi travel blogger, pengajar bahasa Inggris atau pengajar bahasa Indonesia di luar negeri, bekerja di bidang tarnsportasi baik di penerbangaan, pelayaran atau transportasi darat, menjadi diplomat, arkeolog, antropologis, relawan. Wah ternyata banyak cara buat jalan-jalan gratis loh. Buat kamu yang hobby jalan-jalan, menekuni salah satu jenis pekerjaan di atas mungkin bisa jadi pilihan yang bagus.

0 komentar:

Posting Komentar