Selasa, 14 Juni 2016

April 2021 Mission Complete! Aku Siap Membaca Surat Dariku 5 Tahun yang Lalu


18 April, 2021

Aku yakin, beberapa detik yang lalu tanganmu tergesa-gesa membuka tutup botol tempatmu menyimpan surat ini. Kau pasti sudah tak sabar ingin membaca surat dariku yang kubuat untukku di lima tahun silam ini bukan? Aku tahu betul siapa kamu, ingin membuktikan bahwa kau mampu wujudkan mimpi-mimpimu kan? Aku ragu, kau itu sombong, bukannya optimis! Berhenti tersenyum, ya, suratku hadir memang untuk memberikan selamat dan terimakasih karena telah mewujudkan sebagian mimpi-mimpi besarku. Jangan besar kepala, bisa jadi yang kutuliskan justru akan membuat matamu basah dan menyimpan sesal. Tapi kuharap tidak.

Keluar Dari Zona Nyaman, done

Photo diambil di sini
Seperti yang kuduga, kau akhirnya mengikuti saranku untuk keluar dari pekerjaanmu dan mulai bergerak untuk mewujudkan mimpimu. Aku penasaran, setan apa yang membuatmu berani mengambil keputusan itu. Hingga tepat di pertengahan tahun 2017, dari kertas boarding pass yang kau pegang kulihat kau akan terbang ke Jepang! Sambil menutup mulut aku setengah berteriak. WWOOFING! Finnaly, you do it, Ren! Berapa lama kau habiskan masa untuk menjadi relawan di pertanian organik milik Jepang itu? Satu, tiga bulan? Pasti dengan waktu secukupnya, karena kulihat kau cukup mengantongi ilmu yang kau incar. Sudah ada bekalmu untuk kembali ke kampung halaman dan menjadikan pertanian di sana menjadi lebih baik.


Berpetualang dan Menulis, done and keep going
Photo diambil di sini

Oh ya aku juga suka dengan tulisan di blog pribadimu, nampaknya kau sudah rutin mengisi blog pribadimu itu. Apalagi tentang catatan perjalananmu di India. Dari foto-fotonya kau tampak bahagia, kaus putihmu jadi penuh warna karena ikut festival Holi. Ada lagi yang aku suka. Tulisan perjalananmu di Korea Selatan, kau makan dengan rakusnya. Pasti gara-gara lihat Oppah-Oppah tampan yang ada di drama kau jadi ingin mencicipi Tteokbokki dan Odeng yang tampak menggoda itu. Dasar korban drama! Tapi tak apa, kau menikmatinya karena prinsip kita adalah: Manusia yang berbahagia adalah manusia yang tahu bagaimana menikmati makanan!

Menciptakan Kebahagiaan, done and keep going


Photo diambil di sini
Aah, hari-harimu pasti menyenangkan bukan. Kau tak lagi bingung mencari apa itu kebahagiaan, you make it!  Kau juga semakin paham dan menghargai kehidupanmu semenjak kau sadari kau tak hidup untuk dirimu sendiri, ada kebahagiaan orang lain dipundakmu, bukan beban melainkan pemberian. Kau sudah tumbuh menjadi pribadi yang mengagumkan, perjalanan yang telah kau jalani membuatmu menjadi orang yang bersahaja, rendah hati, peduli lingkungan, bertanggungjawab, rajin menabung, rajin cek tiket promo looh! Kau juga hidup berlimpah kasih sayang dari orang tua yang menjadi gudang penyimpanan semangatmu, dari sahabat-sahabat terbaikmu, dari kekasihmu yang datang dari langit. Eh, sebentar! Ren, sekarang udah nggak jomblo lagi kan?

Mewujudkan Mimpi dan Menjadi Orang Sukses, done
Photo diambil di sini
Ini yang paling membanggakan. Aku bahkan tak menyangka, khayalanmu dan Dita tentang caffe berkonsep fresh from the earth mulai berdiri. Kepulanganmu dari Jepang, perjalanan dengan misi pertanian di dataran Jawa, mengumpulkan kenalan demi kenalan dan langkah-langkah persuasifmu dalam menggaet investor berhasil membangun daerah kelahiranmu di Bengkulu. Kau berhasil menjadi petani tanaman organik yang sukses, desamu jadi sentra produsen berbagai komoditi sayuran organik yang bernilai jual tinggi. Semua diolah dengan alami namun modern, kau menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Akhirnya kau menjadi berguna bagi tanah kelahiranmu. Akhirnya kau paham, ke mana seorang yang berpengetahuan harusnya mengabdi.
Terimakasih atas usahamu selama ini, terimakasih karena berani mengambil keputusan-keputusan yang sulit, terimakasih untuk tetap bermimpi, terimakasih untuk rela bersusah payah demi mewujudkan keinginanku. Kau memang hebat, kau tumbuh seperti harapanku karena kau adalah Aku.


*Nb: Menikahlah, kau sudah 27 tahun, dia orang yang tepat untukmu. Sudah waktunya kau memulai petualangan yang baru, babak kehidupan yang baru.
With love, Aku

Medan, 18 April 2015

0 komentar:

Posting Komentar