Minggu, 13 Januari 2013

Keiichi Hara : Sederhana, Karya Agung dan Cinta Indonesia



Keiichi Hara, Saya, Hashimoto Ayumi
Karyanya sudah tak asing bagi orang Indonesia. Siapa yang tak tahu Doraemon atau Crayon Shin-chan. Kedua film animasi Jepang tersebut merupakan hasil garapan sutradara Keiichi Hara yang ternyata jatuh cinta pada Indonesia.

Sesekali ia membungkukkan badan dan menyapa tim yang sedang bekerja untuk mempersiapkan acaranya. “konnichiwa,” sapanya pada setiap orang yang ia jumpai. Tak banyak bicara, ia hanya berdiri dan memperhatikan orang-orang yang sibuk mempersiapkan sebuah acara pemutaran film animasi Jepang dan talk show bersama sutrada film Doraemon, Crayon Shin-chan, dan dua film terbarunya yaitu Colorful, dan Summer Days with Coo.

Desember 2012 lalu, Hara diundang oleh The Japan Fondation di Jakarta untuk datang ke Indonesia. Kedatangan ini sekaligus digunakan untuk mengadakan acara nonton film bersama dan talk show di dua kota di Indonesia. Jakarta dan Medan.

Sebagai bintang utama pada acara tersebut sebenarnya ia bisa duduk manis di bangku yang telah dipersiapkan atau hadir dan duduk tepat saat acara dimulai. Tapi Hara, ia menyempatkan diri untuk berkenalan dengan panitia pemutaran film animasinya terlebih dahulu. Seperti yang ia lakukan pada acara pemutaran film animasi Jepang dan talk show di Medan, Desember lalu.

Ditemani oleh seorang pegawai representatif The Japan Fondation di Jakarta, Hara hadir dengan penampilan yang sederhana. Menggunakan baju kaos hitam dilapisi jaket tipis berwarna putih, celana jeans, dan sepatu sporty yang simple. Bukan hanya dalam hal berpakaian, dalam kehidupan sehari-hari pun ia sangat sederhana. Hidup dan tinggal di negara canggih dan serba modern seperti Jepang tak membuat ia turut menikmati semua kemudahan tersebut. Hingga sekarang Hara tidak menggunakan handphone ataupun e-mail. “jika ingin berhubungan dengan saya, temui langsung atau melalui surat,” ujar Hara dalam bahasa Jepang. 

Namun demikian, karya-karyanya tidak sesederhana sikap dan penampilannya. Karyanya dipenuhi rasa hangat dan penuh ide. Keiichi hara lahir di Gunma, Jepang. Sejak tahun 1982 Hara bergabung dengan Shin-ei Animation. Ia memulai debutnya sebagai sutradara untuk film Doraemon, dan sebuah stasiun TV dan serial film Esper Mami dan Crayon Shin-chan.

Selain tiga film animasi yang adapula dua film lainnya yang tak kalah bagus. Colorful dan Summer Days with Coo. Pada tahun 2007, film Summer Days with Coo memenangkan Grand Prize for the 11th Japan Media Arts Festival Animation Division. Dan pada tahun 2010, karyanya Colorful meraih the Special Distinction and Audience Prize pada the 35th Annecy International Animated Film Festival.

Ternyata, ini bukan kali pertama Hara mendatangi Indonesia. Dalam talk show yang diadakan di Medan, melalui seorang penerjemah Hara bercerita bahwa sebelumnya ia juga pernah ke Indonesia, bukan untuk acara resmi melainkan datang sebagai backpacker dan explor. Ia sangat senang bisa kembali lagi ke Indonesia setelah puluhan tahun sejak pertama kalinya mengunjungi Indonesia.  “saya cinta indonesia,” ujar Hara dalam bahasa jepang.

Di Indonesia Hara sempat mengunjungi Bukittinggi, Danau Toba, dan beberapa tempat lainnya di Sumatera hingga Flores. Dan Ubud, Bali menjadi tempat paling berkesan yang ia rasakan. Tak hanya tempatnya, berikut dengan budaya-budaya tradisional tempat tersebut. Hara mengatakan, ia juga sangat menyukai alat musik Gamelan sehingga dalam filmnya Summer days With Coo Hara menggunakan musik Gamelan dalam banyak adegan.

0 komentar:

Posting Komentar